independennews.id (Sulbar) — Salah satu aspek penting dalam mendongkrak pembangunan manusia adalah pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul, Maju, Sejahtera, dan Berkualitas. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut di atas, terdapat empat variabel utama yang menentukan kualitas pendidikan, yaitu:

  1. Tenaga Pendidik.
    Tenaga Pendidik (Pengawas, Kepala Sekolah, Guru) dan Tenaga Kependidikan di semua jenjang dan jenis sekolah adalah faktor terpenting yang menentukan keberhasilan pendidikan. Mereka bertanggung jawab dalam mencetak generasi yang tidak hanya kompeten secara akademik, akan tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Kompetensi, motivasi, dan dedikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan menjadi fondasi keberhasilan sistem pendidikan di Indonesia;
  2. Infrastruktur Sarana dan Prasarana.
    Sarana belajar yang memadai, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas teknologi, sangat mendukung proses belajar-mengajar. Ketersediaan infrastruktur yang berkualitas menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk mengurangi kesenjangan pendidikan di berbagai daerah;
  3. Kurikulum.
    Desain Kurikulum yang relevan dan dinamis harus terus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang terintegrasi dengan teknologi dan kebutuhan pasar kerja memungkinkan Peserta Didik memiliki keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas dengan pendekatan pembelajaran yang mendalam atau “Deep Learning.”
  4. Pendanaan.
    Pendanaan pendidikan yang memadai memastikan pelaksanaan program pendidikan berjalan dengan baik. Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat perlu memberikan perhatian khusus pada “Anggaran Pendidikan” untuk mendukung peningkatan kualitas di semua aspek, termasuk penguatan dan peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta pengadaan infrastruktur.

Pentingnya Pendidik sebagai Faktor Utama.

Di antara keempat variabel tersebut di atas, Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah variabel paling penting yang menentukan jalannya pendidikan. Peran mereka tidak tergantikan, terutama dalam membimbing Peserta Didiknya menjadi individu yang berintegritas, kreatif, mandiri dan inovatif. Oleh karena itu, penguatan kapasitas Pendidik melalui Uji Kompetensi, pelatihan berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan, dan apresiasi terhadap kontribusi mereka adalah hal yang mendesak berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2018.

Dukungan Pemerintah.

Pemerintah harus terus melakukan penguatan dan afirmasi terhadap keempat variabel pendidikan ini. Program seperti Sertifikasi Profesi, Sertifikasi Pendidik, pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi, penyediaan fasilitas belajar modern, dan pembaruan kurikulum harus dilaksanakan secara konsisten untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Kembali Secara Intensif Memahami Pusat Literasi Antara lain : Pendidik adalah motor penggerak pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Mereka tidak hanya mencetak SDM Unggul, Maju, Sejahtera dan Berkualitas akan tetapi juga membangun karakter bangsa. Dengan dukungan infrastruktur, kurikulum yang adaptif, dan pendanaan yang memadai, pendidikan dapat menjadi pilar utama dalam mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045 yang Maju dan Berdaya Saing Global.

Referensi :

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. YM. Sjahrir Tamsi : Urgensi Membangun Komunikasi Menyejukkan Hati Terhadap Peserta Didik. Wartamerdeka.Info. Mamuju. 2023;
  4. YM. Sjahrir Tamsi : Launching Sistem 3 in 1 di SMK “OKE De.” Wartamerdeka.Info. Mamuju. 2024;
  5. YM. Sjahrir Tamsi : Uji Kompetensi Profesi Kepala Satuan Pendidikan Indonesia Perlu Berstandar Nasional dan Internasional. Wartamerdeka.Info. Makassar. 2024;
  6. YM. Sjahrir Tamsi : Learning to Learn : Membangun Kemampuan Belajar Mandiri untuk Masa Depan. Wartamerdeka.Info. Makassar. 2024;
  7. YM. Sjahrir Tamsi : Program Wajib Belajar 13 Tahun Sinergis Fasilitas Negara Secara Optimal. Wartamerdeka.Info. Makassar. 2024;
  8. YM. Sjahrir Tamsi : Meneroka Pendidikan Masa Depan : Tantangan, Peluang dan Transformasi. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024;
  9. YM. Sjahrir Tamsi : Urgensi Memahami Soft Skill Dunia Kerja dan Dunia Maya. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024;
  10. YM. Sjahrir Tamsi : Membangun Karakter Bangsa : Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024;
  11. YM. Sjahrir Tamsi : Membangun Model Pendidikan yang Menggugah Hati Peserta Didik di Sekolah. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024;
  12. YM. Sjahrir Tamsi : Reformasi Pembelajaran Pada SMK. Wartamerdeka.Info. Mamuju, 2024;
  13. YM. Sjahrir Tamsi : Transformasi Pendidikan Bermutu untuk Semua. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024;
  14. YM. Sjahrir Tamsi : Implementasi Pembelajaran Menyejukkan Hati Peserta Didik. Wartamerdeka.Info. Makassar, 2024.
    Editor : W. Masykar

By admin